Saturday, July 3, 2010

Potensi Phishing

Apakah anda tahu, bahwa 2 teman saya hari ini mengirim saya email tanpa Subject. Setelah dibuka, ternyata adalah sebuah link ke suatu tempat, yang ogah saya buka.

Intinya? PHISHING lagi PHISHING lagi…

Kenapa sih teman saya bisa terkena Phishing?

image

Well, ini adalah salah satu contoh email Phishing yang kemungkinan dilakukan oleh script atau bot tidak bertanggung jawab. Lain halnya dengan Messenger Phishing yang dilakukan oleh orang hidup, seperti yang sudah saya tulis disni.

image

Email tersebut berisi sebuah link ke blogsany.com… yang tidak jelas asal-usulnya…

Namun apapun alasannya, Blue Sky ataupun Linda Sari sudah vulnerable. Jalan tercepat menghindar dari kerugian lebih besar adalah

  1. Ubah password
  2. Ubah Security Code (Secret Question)

Hal ini dapat dikarenakan anda meninggalkan “jejak” dimana-mana.

Nah… pertanyaan paling menantang, bagaimana kalau Blackberry anda hilang? Well… mungkin Messenger seperti YM dan MSN bisa selamat dari penggantian password, sehingga bisa “menyelamatkan” teman anda dari penipuan. Tapi BBM anda? Tidak komentar banyak, karena sampai detik ini… BBM adalah salah satu messenger terbodoh yang pernah saya liat… tapi laku.

Kesimpulan : Berhati-hatilah terhadap account anda. Karena korbannya bukan anda, namun DUIT teman-teman anda, dan KEPERCAYAAN teman-teman anda, terhadap anda, serta REPUTASI anda pula.

No comments:

Post a Comment