Thursday, January 22, 2009

[UPDATED] Dilema Refill Tinta / CIS Printer Foto A3

[UPDATED] Printer-printer A3 lainnya adalah Epson Stylus Photo 1390, dan Epson Stylus 1900. Saya telah menanyakan ke salah satu toko khusus refill tinta di THR. Mereka mengatakan bahwa mereka biasa menerima refill printer A3 berjenis: Epson Stylus Photo 1320 dan Canon Pixma IX 4000 serta 5000. Ketiga printer ini merupakan printer A3 versi paling murah dari masing-masing vendor. Sayangnya saya kurang tertarik HP, karena HP kurang iklan marketing dengan teknologi yang bagus, dan yang paling utama adalah printer HP paling susah direfill. Istilah lain refill ada CIS (Continue Ink System atau Sistem Tinta Lanjut).

Saya beberapa hari terkahir sedang berencana membeli printer foto A3 untuk bekerja. Karena saya sadar saya tinggal di Indonesia, apalagi di kota kecil, maka saya sadar bahwa printer tersebut harus menggunakan tinta bajakan.

Karena printer foto maka warna tinta minimal ada 6 macam. Setelah googling2 dan browsing2, semua mengecewakan. Kandidatnya adalah:
- Canon Pixma Pro 9500
- Epson Stylus Photo Pro 2880
- HP lupa modelnya.

Printer-printer diatas malah minimal 8 warna. Fakta membuktikan tidak ada printer A3 yang tintanya < 8, kecuali Canon IX 4000 dan IX 5000 yang merupakan printer khusus untuk pasar Asia / Indonesia. Semua yang disebutkan diatas selain Canon memiliki 8 warna. Canon memiliki 10 warna. Harga printer tersebut sekitar 8 jutaan.

Masalah Canon adalah printer tersebut sudah outdated / lama. Printer tersebut diluncurkan awal tahun 2006, dimana sudah 3 tahun. Takutnya beberapa bulan setelah dibeli, muncul model baru.

Masalah Epson adalah penulis tidak dapat menemukan model pengganti R2400 tersebut di situs resmi Epson Indonesia. Masalah kedua adalah tinta hitam R2880 ada 2 macam. Matte dan non Matte. Saya masih belum mengerti beda 2 tinta itu. Jadi ingat printer saya yang lama BJC-210s. Printer jaman batu. Tintanya ada 4 macam, hitam, warna, foto, dan florisen. Jadi kalau mau beda keperluan harus menganti tinta.

Semua printer diatas memiliki masalah yang sama yaitu tidak ada tinta refil / CIS. Saya jadi takut tidak bisa bersaing kalau menggunakan tinta original. Semoga saja dilema saya segera teratasi.

No comments:

Post a Comment