Saturday, August 23, 2008

Friendster Super Search (Pencarian Friendster Super)

Anda pasti tahu bahwa di Friendster kita dapat mencari berbagai macam kriteria, seperti sekolah, kota, hobi, nama, dan banyak lagi. Sayangnya beberapa pencarian yang penting seperti kota, sekolah, nama, pekerjaan, dan email tidak dapat digabung. Digabung maksudnya kita tidak dapat mencari nama dan sekolah. Contoh kita ingin mencari si Tono yang bersekolah di Taruna Nusa Harapan (TNH). Maka yang dapat kita lakukan pada Friendster adalah mencari semua nama Tono, atau mencari semua orang yang bersekolah di TNH.

Tapi ada cara untuk mengakali "keterbatasan" fitur pencarian pada Friendster. Caranya adalah mengabung secara manual kombinasi kata kunci yang ingin kita cari. Contoh kasus: kita ingin mencari teman kita satu sekolahan dan satu kota. Misalkan kita bersekolah di SMU Petra, tinggal di Jember, dan berumur 26 tahun. Mari kita pelajari satu-satu:

- Kita ingin mencari sekolah smu petra yang berumur 26 tahun:
http://www.friendster.com/gallery.php?_submitted=1&ktype=schools&kword=smu+petra&gender=female&minage=26&maxage=26&allinterests=on&dating_men=t&dating_women=t&serious_men=t&serious_women=t&friends=t&activity=t&heretohelp=t&anystatus=on&single=t&relationship=t&domesticpartner=t&married=t&unknownstatus=t&country=ID&profiledepth=0&justphotos=f

- Kita ingin mencari orang-orang yang tinggal di kota Jember yang berumur 26 tahun:
http://www.friendster.com/gallery.php?_submitted=1&ktype=hometown&kword=jember&gender=female&minage=26&maxage=26&allinterests=on&dating_men=t&dating_women=t&serious_men=t&serious_women=t&friends=t&activity=t&heretohelp=t&anystatus=on&single=t&relationship=t&domesticpartner=t&married=t&unknownstatus=t&country=ID&profiledepth=0&justphotos=f

Dari kedua link diatas dapat diketahui bahwa Friendster menggunakan tipe get untuk mengirim data. Dengan sedikit percobaan kita dapat mengabungkan orang yang tinggal di Jember yang berusia 26 tahun dan bersekolah di SMU Petra sebagai berikut:

http://www.friendster.com/gallery.php?_submitted=1&ktype=hometown&kword=jember
&ktype=schools&kword=smu+petra&gender=female&minage=26&maxage=26&allinterests=on&dating_men=t&dating_women=t&serious_men=t&serious_women=t&friends=t&activity=t&heretohelp=t&anystatus=on&single=t&relationship=t&domesticpartner=t&married=t&unknownstatus=t&country=ID&profiledepth=0&justphotos=f

Kita hanya perlu mengabungkan
ktype=hometown&kword=jember dengan ktype=schools&kword=smu+petra pada satu link. Hasilnya kita mendapatkan 76 orang. Cukup sedikit untuk dicari bukan? Namun sayangnya Friendster tidak memungkinkan hal ini lebih jauh dengan membuat beberapa kategori pencarian yang berbeda halaman. Kita hanya dapat melakukan hal ini untuk satu halaman saja (gallery.php ATAU usersearch.php ATAU yang lain).

Pengembangan dari artikel ini memungkinkan kita untuk mencari beberapa kategori sekaligus dalam gallery.php seperti misalnya hometown, school, company, affiliation, dan lain-lain.


No comments:

Post a Comment