Tuesday, June 24, 2008

Ketidaksopanan Seorang Techical Service DELL

Saya sudah beberapa kali mempublish tentang chatting dengan TS DELL. Ini kalah tidak adalah adalah keempat. Bagian pertama adalah Chat Dengan Techical Support (TS) DELL, bagian kedua adalah Chat Dengan Techical Support DELL (2), bagian ketiga tidak dipublish, dan ini adalah bagian ke empat. Saya sangat menyesalkan kearoganan dari TS Dell. Saya hanya inging mengetahui bagaimana cara mengupdate bios laptop DELL tanpa menggunakan baterai. 

Ya sudah sekaian saja cerita. DELL adalah rekor laptop “aneh” baru beli bulan November 2007, bulan Juni 2008 baterai sudah rusak. Diganti barupun masih rusak. Saya sedang menantikan pengantian baterai yang kedua. Pengantian baterai yang kedua diawali dengan percakapan TS DELL yang saya nilai cukup baik dan membantu. Tapi tetap saja menyusahkan, karena baterainya tidak bisa digunakan. Tapi itu dibahas lain kali. Intinya saya tidak menyangka beli Laptop mahal-mahal bisa rusak!

Kembali ke topik. Penulis termasuk orang yang rajin mengupdate. Entah driver / bios / apapun yang bisa diupdate. Nah salah satu kelebihan Laptop DELL yang penulis suka adalah kerajinannya mengeluarkan bios baru. Hampir setiap bulan selalu ada bios baru. Sejak baterai laptop penulis bermasalah, penulis tidak dapat mengupdate bios. Mereka kuatir kalau kita sedang mengupdate bios dan lampu mati maka laptop akan rusak. Karena itu mereka (DELL), tidak mengijinkan kita mengupdate bios saat tidak ada baterai.

Sayangnya penulis sudah berusaha menjelaskan semaksimal mungkin bahwa penulis termasuk power user dan paham tentang resiko itu. Tanpa usaha yang baik (selain cuma bilang hal yang kita semua sudah tahu), TS DELL dengan tidak sopannya mengakhiri pembicaraan. Padahal solusinya masih belum ada. Benar-benar tidak sopan! Berikut ini adalah transkripnya:

This is an automated email sent from Dell Chat. The following information is a log of your session. Please save the log for your records.
Your session ID for this incident is 147711.

Time

Details

06/24/2008 12:37:06PM

Session Started with Agent (Nicklas_Goh)

06/24/2008 12:37:06PM

Hok: "How can I update bios without battery?"

06/24/2008 12:37:32PM

Hok: "Hi...."

06/24/2008 12:37:43PM

Hok: "6z9ls1s"

06/24/2008 12:38:00PM

Agent (Nicklas_Goh): "Hi Hok you need to plug in the power because when you update bios system can;t afford to loose power"

06/24/2008 12:38:28PM

Hok: "My battery is on the replacement warranty...."

06/24/2008 12:38:39PM

Hok: "so I am still waiting for the new one...."

06/24/2008 12:38:48PM

Agent (Nicklas_Goh): "ok"

06/24/2008 12:38:48PM

Hok: "meanwhile.... I need to do bios update..."

06/24/2008 12:39:05PM

Agent (Nicklas_Goh): "have to wait for it"

06/24/2008 12:39:13PM

Hok: "is there any raw bios link download?"

06/24/2008 12:39:23PM

Hok: "the one that the exe can be extracted ?"

06/24/2008 12:39:38PM

Hok: "all dell exe except the bios is can be extract"

06/24/2008 12:40:40PM

Hok: "I have been skipping 3 bios update :(("

06/24/2008 12:40:48PM

Hok: "all because the battery...."

06/24/2008 12:42:02PM

Hok: "I am aware of the risk....but I need to do it....."

06/24/2008 12:42:29PM

Hok: "I have been updating many pc bios without battery and never ever failed"

06/24/2008 12:42:40PM

Agent (Nicklas_Goh): "as long as you plug in the ac adapter"

06/24/2008 12:42:49PM

Hok: "yes...."

06/24/2008 12:43:07PM

Hok: "buat because my batterai is not exsist....the dell bios is refuse to do the update"

If you require further assistance, please visit us at support.ap.dell.com

Semoga DELL dapat mendidik mereka agar lebih sopan kalau menghadapi pelanggan. Dan dari pembicaraan ini sepertinya TS nya orang awam, yang tidak mengerti apa yang penulis maksud.

No comments:

Post a Comment