Thursday, October 11, 2007

TIPS Memindah Data dan Setting Email dari Outlook 2007

Anda tentu pernah membeli komputer baru, menginstall ulang Windows, dan sejenisnya. Jika anda pengguna Outlook 2007, maka tips ini akan sangat berguna bagi anda. Pada Outlook sebelumnya yaitu Outlook 2003, telah tergabung dengan Office 2003, yaitu terdapat Tools khusus untuk mentransfer setting. Sayangnya pada Office 2007, tools tersebut tidak ada.


Sebenarnya kalau kita ingin memindahkan data kita ke Windows Vista atau yang lebih baru, kita dapat dengan mudah melakukannya dengan tool Windows Easy Transfer Wizard. Artikel mengenai itu dapat dibaca disini. Bagaimana kalau kita ingin memindah data ke Windows sebelum Vista? Ada dua tools yaitu Windows File and Transfer Setting Wizard dan User State Migrasion Tools. Sayangnya kedua tool ini belum berhasil mentransfer setting dari Outlook 2007.


Yang lebih parah lagi, terpaksa menggunakan cara manual. PERINGATAN, ARTIKEL INI AKAN "MAIN-MAIN" DENGAN REGISTRI WINDOWS. JADI SEBISA MUNGKIN BACKUP REGISTRI ANDA, ATAU MINTA TOLONG TEMAN YANG AHLI. Tips ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama di komputer lama, dan bagian kedua di komputer baru.


Pada komputer lama, langkah pertama adalah masuk ke Control Panel – pilih Mail, seperti pada gambar 1. Kemudian klik tombol Show Profile, nanti akan terlihat seperti gambar 2. Secara default disana terdapat satu profile yang bernama Outlook. Klik copy. Pilih nama yang unik, misalnya HOKMAIL atau yang lain. Sekarang di profile terdapat dua profile, yaitu default Outlook dan satu yang kita buat.


Gambar 1. Setting pada Mail.


Gambar 2. Setting pada Profile Mail.



Setelah ini, jalankan Regedit. Masuk ke "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows Messaging Subsystem\Profiles\". Klik pada tanda + pada Key Profile dan pastikan profile yang kita buat tadi keynya ada disana. Klik Kanan pada Key yang telah kita buat kemudian pilih Export, pilih nama filenya. Lihat gambar 3. Pada gambar 3, kotak merah adalah key tempat kita membuat profile, kotak hijau adalah pilihan yang harus kita ambil setelah klik kanan pada key, dan kotak biru adalah tempat profile pada registri.

Gambar 3. Gambar Registri.


Setelah itu kembali ke Mail. Masuk ke Control Panel – Mail – Show Profile – Klik Property. Kemudian klik Data File. Pada umumnya, semua datafile disimpan pada lokasi drive:\Documents and Settings\user\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook. Sebelum kesana, jangan lupa untuk mengeset agar Windows memperlihatkan file tersembunyi, caranya pada Microsoft Windows XP and Microsoft Windows Server 2003:

  • Klik Start, kemudian klik My Computer.
  • Pada menu Tools, klik Folder Options, klik pada tab View, kemudian klik pada opsi Show hidden files and folders.

Copy semua file yang ada disana ke tempat lain. Bagian pertama telah selesai.


Kemudian memasuki bagian kedua. Bagian ini adalah bagian kita mensetting Outlook 2007 kita di komputer baru. Pastikan Outlook 2007 telah diinstall. Pertama Klik kanan file .reg yang telah kita buat tadi, kemudia pilih Merge. Saat dikonfirmasi klik YES. Catatan, jika anda bukan Admin, minta tolonglah pada Admin anda. Setelah itu masuk ke Control Panel – MAIL – Show Profile. Jika semua langkah telah benar, anda akan melihat profile anda telah berada disana. Jika belum terlihat profilenya ulangi semua langkah dari awal dengan teliti.


Langkah terakhir adalah mengcopy file dari komputer asal ke komputer tujuan pada lokasi yang sama, yaitu drive:\Documents and Settings\user\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook. Kemudian jalankan Outlook 2007 anda. Pada accout email POP3 / IMAP, anda dapat menaruh data file ke folder pribadi anda, tetapi pada http mail tidak dapat. Contoh POP3 mail adalah telkom mail, Gmail, Yahoo Local, dll. Contoh Http mail adalah hotmai, msn, dll.

Bonus Tips tambahan. Jika anda menggunakan POP3 email, copy file dari komputer asal ke folder pribadi anda. Misalkan D:\My Document\Outlook. Kemudian masuk ke drive:\Documents and Settings\user\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook pada komputer tujuan. Hapus file Outl[EmailPop3Anda].pst. Pada saat menjalankan Outlook 2007 yang pertama kali di komputer baru, Outlook akan menanyakan dimana tempat file tersebut, dan anda bisa dengan tenang menunjukan Outlook lokasi yang baru. Sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan jika account anda Hotmail / MSN.

Kemudian coba anda test dengan Send and Receive pertama anda. Anda tentu saja akan diminta memasukkan semua password email anda. Kalau hal ini sudah dilewati dengan baik, maka dapat dipastikan anda telah sukses mentransfer setting dari email dan data email anda.

Semoga bermanfaat.

1 comment: