Sunday, September 30, 2007

Recover Harddisk Bad Sector

Berbagai cara menyelamatkan data pada HDD bad sector, telah banyak disarankan ataupun diberikan pada artikel-artikel yang tersebar di seluruh dunia, namun, sedikit sekali yang memberikan saran paling efektif.

Berikut adalah pengalaman pribadi saya dalam menyelamatkan data yang Bad Sector:
  1. Diamkan dulu HDD setengah hari atau sehari, jangan taruh di tempat yang panas, taruh di tempat yang sejuk
  2. Setelah "mengerami" HDD 1 atau 2 hari, cobalah pasang HDD anda pada USB to IDE, atau sejenisnya, dan jangan digunakan pada Primary atau Secondary
  3. Segera lakukan pembacaan, dan baca data terpenting sesegera mungkin. Karena berdasar pengalaman, semakin lama HDD dalam kondisi on, semakin kecil data yang mungkin terselamatkan
  4. Jika belum berhasil, ulangi langkah 1-3, tetapi dengan tambahan, masukkan HDD anda ke dalam kulkas freezer. Cara ini agak slank dan edan, tapi bukan hanya artikel saja yang berbicara, silahkan anda berbicara, coba dan buktikan.
Apabila HDD berisi data yang sangat penting, tidak disarankan untuk mencoba recovery data sendiri. Gunakan jasa-jasa recovery HDD, yang mungkin mempunyai software sebagus PC TOOLS atau NU 8 jaman DOS dulu, yang pada detik ini, sudah mulai susah, bahkan untuk didengar saja.

NB : Apabila anda mendengar bunyi yang tidak wajar, segera saja jual HDD anda, daripada akan menjadi senjata makan tuan.

:)

No comments:

Post a Comment